#

Sabtu, 23 Juli 2016

12 Tips SEO Toko Online dari Shopify Woocommerce dan Wix dot com

Ada beberapa tips penting yang dibagikan Shopify bagi anda yang memiliki toko online terkait dengan SEO. Bagaimanapun SEO itu keberadaannya tidak tergantikan dan sangat krusial perannya untuk menarik lebih banyak penjualan online shop anda karena sifatnya lebih tertarget dan jangka panjang.
Tips SEO Toko Online dari Wix, Woocommerce dan ShopifySaya juga akan membagikan tips SEO lainnya dari Wix dan Woocommerce yang mungkin pendapatnya tidak boleh kita pandang sebelah mata.  Mengingat Shopfy, Woocommerce dan Wix merupakan platform online shop atau website yang bagi saya cukup terkenal. Para pengguna wordpress mungkin pernah mendengar plugin Woocommerce yang bisa menyulap Wordpress jadi platform e-commerce. 

Sebelum “to the point”, saya ingin menyegarkan kembali cakrawala kita semua tentang apa itu SEO.
“SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara terencana atau sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari (search engine) menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari bersangkutan” sumber Wikipedia.org dengan sedikit modifikasi.
Ketika kita belajar SEO, kita semua tertuju pada 1 hal yaitu bagaimana agar bisa berada di halaman pertama mesin pencari Google, khususnya di halaman teratas SERP (Search Engine Result Page/Halaman Hasil Mesin Pencari). 

Kita semua sepakat, SEO = Page One GOOGLE adalah mutlak. Kenapa harus Google ? Kenapa tidak Yahoo search ? Bing atau Ask search ? karena mayoritas netizen di Indonesia lebih banyak menggunakan Google Search.

Baca juga : Rangkuman Materi Ebook White Hat SEO

Baiklah ini dia 12 tips SEO toko online tersebut. 

Tips SEO untuk Para Pengusaha Ecommerce dari Shopify

1. Jangan Bergantung Pada Program PPC (tapi jangan juga mengabaikannya)

Kelemahan dari beriklan dengan PPC adalah tidak bersifat jangka panjang dan ketika kita berhenti beriklan maka hilanglah keberadaan situs toko online kita. 

Penelitian Google baru-baru ini juga menunjukkan 89% klik berbayar (paid clicks) tidak bergeser ke organik ketika kita berhenti menggunakan Iklan Adwords. Jadi program PPC lebih tepatnya tidak berpengaruh besar pada SEO, dan jangan sekali-kali gunakan PPC untuk tujuan SEO. Lebih baik anda menggunakan Paid To Review di blog-blog terkenal dan berkualitas.

Lihat juga : Ini 5 Situs Iklan Online Terbaik Untuk Berpromosi

2. Hindari Konten Duplikat dan Penggunaan Deskripsi Produk dari Pabrik (Supplier)

Kita tahu bahwa konten yang ada duplikasinya, entah itu dilakukan oleh copaser atau anda sendiri yang malas membuat konten unik sangatlah tidak disukai bahkan menjadi musuh mesin pencari. Toko online faktanya sangat rentan terkena penalty Google karena deskripsi produknya sering dikopi berkali-kali. 

Selalu rewrite atau tulis ulang dengan gaya bahasa berbeda saat membuat deskripsi produk. Kebanyakan pemilik online shop malas dan tidak punya waktu, sehingga dengan simple mengkopi deskrips produk dari web supplier. Ini sangat tidak bagus untuk SEO.

3. Memiliki Strategi Konten

Shopify lebih jauh mengatakan bahwa kualitas konten yang baik tidak hanya menjadi nilai tambah bagi para pengunjung/pembaca melainkan juga akan membantu ranking anda di mesin pencari. So, buatlah konten berkualitas, bukan sekedar update saja.

4. Optimalkan Gambar Produk dengan ALT tags

Anda perlu menambahkan kata kunci yang relevan kedalam ALT tags pada setiap gambar produk yang ada pada website. Mengapa ? Ya “Image Search” konon kini mulai banyak digunakan dan sangat popular di kalangan netizen atau pengguna internet untuk mencari produk online. 

Perhatikan betul-betul, hanya gunakan kata kunci relevan dengan gambar produk anda. Jangan men-stuff keywords ke dalam ALT tags.
 
Contoh penggunaan ALT tags pada gambar di blogspot

Contoh menggunakan Title Text dan All Text pada Gambar di Blogspot
Contoh memanfaatkan alt text untuk gambar

5. Memiliki Meta Deskripsi yang Unik untuk Setiap Halaman Web

Meta deskripsi seharusnya ditulis untuk manusia untuk meningkatkan daya tarik ketika tampil di mesin pencari. Artinya kita bisa meningkatkan CTR dengan meta deskripsi yang unik, relevan dan menarik agar orang mau memiliih mengklik halaman web kita dibanding yang lain.

6. Cantumkan Product Review dari Para Pembeli

Selain meningkatkan “trust” dari calon pelanggan baru, ternyata review produk dari pelanggan yang sudah membeli barang juga bisa menghasilkan konten yang unik.

Anda bisa menambahkan sebuah field di setiap halaman produk sehingga para pelanggan bisa memberikan review bila diminta. Contohnya di Shopify kita bisa memakai product review apps.

7. Optimalkan Anchor Teks

Gunakan keyword untuk membuat link internal. Perlu anda tahu, internal link bisa membantu meningkatkan visibilitas online store kita di mesin pencari. Namun wajib diingat, jangan menggunakan kata ‘Click Here atau Klik Disini” dalam membuat link internal, lebih baik anda menggunakan keyword. Contoh, “kunjungi Ekspedisi Ilmu, blog bisnis yang bisa membantu anda menemukan ide dan pengetahuan seputar dunia bisnis, karir dan pengembangan karakter.

 

Tambahan Tips SEO untuk Toko Online dari Wix dot com

8. Menambahkan Blog Toko

Mungkin anda pernah melihat sebuah toko online, dimana pada menu navigasinya terdapat tulisan ‘Blog’. Ya, ketika anda klik biasanya kita akan dibawa ke laman kaya konten, entah itu artikel-artikel mengenai tips pakaian maupun informasi seputar produk. 

Manfaat Blog Toko untuk SEO
Contoh Blog Toko pada salah satu Online Store

Bila kita fokus ke SEO, ini bisa memberikan nilai yang besar. Kita bisa menambahkan internal link pada setiap artikel menuju laman produk. Satu hal yang terpenting menurut Wix dot com adalah bagaimana kita menjaga sinyal blog kepada mesin pencari bahwa situs kita adalah dinamis dan aktif. 

 

Tips SEO bagi Pemilik Toko Online agar “Search Engine Friendly” dari Woocommerce

9. Buatlah Navigasi Web Anda Seindah (dan rapi) Mungkin

Menurut Nicole Kohler (penulis tips SEO di woocommerce ini), navigasi yang bersih dan mudah mengakses halaman-halaman lebih besar kemungkinannya muncul di hasil pencarian dibanding navigasi yang rumit dan berantakan dengan berton-ton menu. “Spiders” merupakan teknologi perayapan spesial yang dimanfaatkan google untuk mereview dan mengindeks website untuk hasil pencarian. Oleh karena itu, jangan buat bingung “Google Spiders” atau web anda akan sulit dirayapi.

Hal lain yang wajib kita ketahui adalah Google mempertimbangkan perilaku pengunjung untuk menyusun ranking. Semakin lama pengunjung berada di web online shop anda, semakin bagus ranking yang akan diberikan oleh Google.

10. Buat URL anda singkat, jelas dan masuk akal

Setidaknya ada tiga hal yang ditekankan dalam menyusun URL :
  • Gunakan kata-kata, bukan angka.
  • Gunakan kata kunci (keyword) yang relevan (tetapi jangan terlalu banyak)
  • Membuat nama domain seperti “outlet-sepatu-pria.com” hanya demi mendapat ranking untuk kata kunci “sepatu pria” menurut Nicole Kohler tidak akan membantu meningkatkan SEO anda. Ini terkesan terlihat seperti spam, lihat Update Algoritma Google 2012. Menurutnya lebih baik menggunakan nama brand dan barulah gunakan keyword didalam halamannya.

11. Kecepatan Situs Harus Menjadi Prioritas

Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa loading yang lambat bisa mematikan penjualan. Setiap tambahan 1 detik loading pada web toko online anda, menurunkan tingkat konversi rata-rata 7%.

Bukan hanya buruk dimata para pengunjung, tetapi juga buruk di mata Google karena kecepatan situs merupakan salah satu indikator ranking. Beberapa solusinya :
  • Kita bisa mengkompress gambar yang berukuran besar sebelum diupload, anda bisa menggunakan tool seperti kraken.io untuk mengubah file menjadi kecil namun tetap menjaga kualitas.
  • Gunakan CDN (Content Delivery Network). 
  • Upgrade hosting juga kadang dibutuhkan.

12. Lakukan Link Building untuk Toko Online yang Nichenya Ketat

Teknik membangun link sangat dibutuhkan untuk “competitive niches”, hanya mengandalkan tips diatas tidak akan cukup. Namun, ingat beberapa hal ini :
  • Tidak semua link yang dibuat akan bernilai sama, kualitas selalu mengalahkan kuantitas. Link yang jumlahnya ribuan tidak berarti apa-apa dibanding 1 link yang sangat berkualitas.
  • Jangan pernah membayar untuk link. Ini bisa menodai pedoman kualitas Google yang berdampak pada toko anda dihapus dari hasil pencarian.
  • Beberapa link seperti dari Facebook, Twitter dan sosial media sejenis tidak akan dihitung karena bersifat “Nofollow”.
  • Relevansi, sumber link harus relevan dengan toko online anda. Contoh yang tidak relevan, misal toko anda tentang produk baju, tapi sebagian besar link yang didapat berasal dari toko bangunan. Ini tidak akan membantu.
Ketika berbicara SEO, maka jangan pernah berbicara penjualan cepat atau rencana jangka pendek. Anda harus memisahkan keduanya. Semua pelaku usaha tahu, kita sangat butuh kas masuk untuk menjaga perputaran modal. 

Namun, membuat web yang ditujukan hanya untuk menjual, menjual dan mendapatkan cash sangat tidak logis. Secara logika, Google pasti membutuhkan waktu untuk berkenalan dengan web toko online yang masih baru.  Jadi saran saya untuk pemilik toko online baru, kita harus punya 2 rencana yakni SEO untuk jangka panjang dan hard selling untuk jangka pendek.  Meskipun saya bukan master SEO maupaun master pemasaran, tapi itulah yang bisa saya tangkap selama hampir 1 tahun berbisnis online dan melakukan kegiatan blogging.

Tips-tips diatas memang tidak bersifat mendalam, bila anda ingin mempelajari SEO dengan teknik aman alias White Hat saya rekomendasikan anda untuk mempelajari materi advance dalam Ebook White Hat SEO "Panduan Lengkap menuju Halaman Pertama Google".  Meskipun tidak secara khusus membahas SEO Toko Online, tapi anda akan paham bagaimana membangun sebuah asset dengan SEO secara jangka panjang yang aman dan bebas dari penalti Google. Saya sendiri sudah memilikinya, meskipun berbayar tapi ilmunya akan kita kuasai selamanya. Jangan pelit untuk ilmu.

Bila anda ingin mempelajari versi lengkap untuk SEO mulai dari tingkat pemula, lanjutan sampai teknik link building, bundle Paket SEO Toko Online yang berisi 2 rekaman kopdar dan 1 yubinar premium serta + bonus Ebook White Hat SEO akan sangat menambah skill SEO anda. Silahkan membeli salah satu Paket Ebook diatas melalui link affiliasi saya, dan bila sudah jangan lupa kabari karena saya punya gift buat anda yang membelinya via Link affiliasi saya yakni Ebook Rahasia Pakar SEO dalam bentuk zip. dimana di dalamnya ada 4 file dan salah satunya berisi studi kasus (study case), jadi bukan hanya sekedar teori. Kontak saya bila anda sudah membelinya di laman Contact Us

Nah, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang merencanakan strategi SEO untuk Toko Online pribadi.

|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

1 comments

6 Agustus 2016 15.24 Delete comments

mantep ini tips buat yg punya olshp

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon