#

Minggu, 16 Oktober 2016

Alasan, Kenapa Kamu Harus Memulai Bisnis Selagi Muda

A : “Bro, kerja dimana sekarang?”
 
B : “Gua nggak kerja bro. Mau nyoba bisnis dulu. Mumpung masih muda..”
 
Selagi muda kita sudah sepatutnya berani mengambil resiko, serta mau mencoba hal yang baru dan berbeda dari apa yang dijalankan oleh kebanyakan anak muda saat ini yaitu “Berani Berbisnis”.
 
Ya, dibandingkan berbisnis di usia dewasa atau bahkan di usia lanjut (tua), berbisnis di usia muda memiliki banyak keuntungan dan kelebihan.
 
Keuntungan berbisnis di usia muda

Lantas apa saja kah kira – kira alasan dan latar belakang kenapa kita wajib memulai bisnis di usia muda? 

Berikut beberapa poin nya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:
 

Alasan Kenapa Kamu Wajib Berbisnis di Usia Muda


1. Jadi Pebisnis Itu Keren

Pernah nggak kamu berpikir kenapa di seminar – seminar yang diundang menjadi pembicara adalah para pebisnis sukses seperti Elang Gumilang, Ipo Santosa, Bob Sadino, dan para pengusaha – pengusaha sukses lain nya? Kenapa ya yang diundang jadi pembicara bukan para karyawan biasa?
 
Yup, jawaban kalian benar! Karena pebisnis sukses itu keren dan patut dijadikan contoh dan teladan yang baik oleh banyak orang.
 
Jadi, kalo kamu pengen jadi orang keren, nggak ada salah nya di usia yang masih sangat muda ini kamu keluar dari zona nyaman ‘gajih bulanan’ kamu dan mulai terjun ke dunia bisnis yang sarat akan ‘penghasilan dan omset’ yang tidak pasti setiap bulan nya.
 

2. Resiko Bisnis yang Mungkin Kamu Terima akan Jauh Lebih Kecil dan Juga Lebih Terbatas

Memulai bisnis di usia muda berarti kamu cerdas, pintar dan juga tidak mau menyusahkan orang lain.
 
Yups, mengapa? Karena berbisnis itu sarat dengan resiko. Meskipun keren, berbisnis itu sarat dengan ketidakpastian. Jauh berbeda lah dengan kehidupan para karyawan ‘pemakan gaji’ yang setiap bulan nya pasti mendapatkan bayaran dari perusahaan tempat mereka bekerja.
 
Nah, poin penting yang ingin penulis sampaikan di sini adalah: karena bisnis sangat sarat akan resiko, maka dengan berbisnis di usia muda, berarti kamu hanya meresikokan diri kamu sendiri. Tidak ikut istri dan juga anak – anak kamu. Lha wong belum menikah, kan belum punya istri dan anak.
 
Jadi, jika katakan lah bisnis yang kamu jalankan tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan ternyata kolaps alias gagal bin bangkrut, yang menderita dan terkena dampak nya kan hanya kamu sendiri, tidak include istri dan anak – anak kamu.
 
Coba bayangkan jika kamu baru memulai bisnis kamu di usia dewasa dimana kamu telah memiliki istri dan anak. Jika bisnis kamu gagal, anak dan istri kamu akan ikut terlantar bukan?
 

3. Bisnis Memang Nggak Mudah, Tapi Hasilnya Juga Nggak Sedikit

Seperti yang telah penulis sebutkan di poin nomer dua, bisnis sangat sarat akan resiko dan bayang – bayang kegagalan.
 
Ya!, tidak dapat dipungkiri, bisnis memang nggak mudah. Namun, jika kamu berhasil melewati setiap rintangan dan memenuhi persyaratan untuk menjadi seorang pebisnis sukses, maka kamu juga akan mendapatkan hasil yang tidak sedikit.
 
Ya meskipun di dunia bisnis kamu tidak akan mendapatkan penghasilan yang pasti, namun jika bisnis mu sukses, angka yang tidak pasti tersebut pasti akan jauh lebih besar dan tentu nya juga jauh lebih memuaskan dari angka penghasilan rata – rata pekerja alias karyawan bin buruh.
 

4. Kamu Akan Jadi Orang Mulia

Percaya atau tidak, selain keren, jadi pebisnis itu juga jauh lebih mulia dibandingkan dengan jadi pekerja / karyawan.
 
Kenapa? Karena ketika kamu menjadi pengusaha, maka secara tidak langsung kamu sudah membuka setidaknya satu lowongan pekerjaan, yaitu untuk dirimu sendiri. Dan ketika bisnismu berkembang nanti, kamu mungkin juga akan bisa membuka lowongan pekerjaan untuk orang lain.
 
Khusus untuk kamu yang memutuskan membuka usaha selepas lulus kuliah, secara tidak langsung kamu juga sudah mengurangi angka pengangguran di muka bumi ini, dan secara otomatis kamu juga telah memperlebar peluang teman – teman seangkatan mu untuk bisa mendapatkan lapangan pekerjaan.
 
Bagaimana? Sangat mulia bukan?
 

5. Waktu dan Tenaga Mu Masih Sangat Memadai

waktu tepat memulai bisnis yaitu di usia mudaPerlu diketahui, selain mengandung resiko dan ketidakpastian yang sangat tinggi, bisnis juga membutuhkan waktu dan tenaga yang jauh lebih besar dari waktu dan tenaga yang wajib dikeluarkan oleh karyawan bin pekerja.
 
Jadi, jika kamu hendak memulai bisnis karena menurut yang kamu dengar atau pun yang kamu baca pebisnis itu memiliki waktu luang yang banyak, penghasilan yang besar, dan tidak perlu mengerjakan rutinitas yang membosankan sepanjang waktu, maka sudah saat nya kamu sadar dan membuang pikiran tersebut jauh – jauh.
 
Percaya lah, hal tersebut tidak seratus persen benar. Memang benar, tapi untuk pengusaha yang sudah sukses. Sedangkan yang masih merintis, hal tersebut akan jauh berkebalikan.
 
Di dunia bisnis, di awal mula pendirian, kamu akan membutuhkan waktu, tenaga, dan alokasi pikiran yang jauh lebih besar dari apa yang dikeluarkan oleh para pekerja.
 
Maka dari itu, mumpung kamu masih muda, (jika kamu memiliki niatan untuk memulai usaha), ada baiknya kamu memulainya sekarang juga! Kenapa? Karena tenaga, waktu, dan alokasi pikiran mu masih bisa lebih focus dan tentu nya juga masih lebih bisa diandalkan dibandingkan dengan tenaga, waktu, dan alokasi pikiran orang yang sudah tua!
 

6. Peluang Untuk Sukses Jauh Lebih Besar

Masih terkait dengan poin nomer lima, dengan tenaga, waktu, dan pengorbanan mu yang mungkin akan bisa lebih maksimal, secara otomatis peluang mu untuk bisa sukses menjalankan bisnis di usia muda juga akan menjadi jauh lebih besar.
 
Maka dari itu, jika kamu memiliki niatan untuk membuka bisnis sendiri, supaya peluang sukses nya bisa lebih besar, mulai lah bisnis tersebut selagi kamu masih muda!
 

Mengatasi Permasalahan Modal Ketika Hendak Memulai Bisnis di Usia Muda


Menurut pengamatan dan survey kecil – kecilan yang pernah penulis lakukan terhadap beberapa orang lulusan Program Diploma IPB mengenai alasan kenapa mereka lebih memilih bekerja dibandingkan membuka usaha sendiri, ternyata mayoritas nya mengatakan bahwa mereka terkendala dengan permasalahan modal.
 
Nah, khusus untuk para pembaca yang “sebenarnya” ingin memulai bisnis namun terkendala dengan permasalahan modal, kali ini penulis ingin memberikan sedikit wejangan atau lebih tepat nya pencerahan yang terkait dengan permasalahan ini.
 
Perlu diketahui, pada dasar nya berbisnis itu tidak selalu mutlak membutuhkan modal yang besar!
 
Bisnis tidak selalu harus dimulai dengan modal besar
 
Ya, selama kamu niat dan kamu mau mencari tahu, sebenar nya ada banyak sekali peluang bisnis yang bisa kamu mulai dengan modal yang seadanya atau bahkan tanpa modal sama sekali.
 
Contohnya bisnis konter pulsa, bisnis online (jadi blogger, jadi penyedia content, jadi youtuber, jadi dropshipper, dll). Semua bisnis tersebut sejati nya bisa kamu jalankan dengan modal yang sangat kecil, atau bahkan bisa dibilang tanpa modal sama sekali.
 
Jika Anda tidak tertarik dengan beberapa peluang usaha di atas dan ingin menjalankan bisnis yang membutuhkan modal yang cukup besar, TENANG!, sebesar apa pun masalah / kendala yang menghambat Anda, semua tetap ada solusinya!
 
Solusi pertama, Anda wajib mengingat kembali, bisnis sejatinya tidak wajib dijalankan dengan modal yang besar. Bisnis apa pun itu, pada dasar nya bisa dijalankan dengan modal yang kecil atau terbatas.
 
Contohnya, kamu ingin menjalankan bisnis ternak sapi atau pun ternak lele, di tahap permulaan, kamu bisa mencoba untuk memelihara satu atau dua ekor sapi saja bukan? Sedangkan untuk ternak lele, kamu bisa mengawalinya dengan 1 kolam berukuran 2 X 3 saja bukan? Jika percobaan mu tersebut sukses, kamu hanya tinggal mencari orang yang mau mendanai usaha mu tersebut.
 
Masak sih kalo usaha mu benar – benar menghasilkan, tidak ada orang yang mau menanamkan modal nya sama sekali? Tidak mungkin bukan?
 
Disamping itu, perlu diingat, menurut pendapat penulis, berbisnis di usia muda sudah seharus nya dan wajib dimulai dengan modal yang kecil. Haram hukumnya seorang pemula yang sedang mencoba peruntungan di dunis bisnis memulai bisnis nya dengan modal yang besar.
 
Kenapa? Karena di tahap permulaan, kamu sama sekali belum memiliki pengalaman. Oke lah, mungkin kamu lulusan jurusan peternakan IPB yang pasti sudah paham bagaimana cara beternak sapi. Namun, tetap saja kan kamu belum pernah terjun langsung di dunia bisnis sapi?
 
Dalam hal ini, jika kita menggunakan pandangan kemungkinan terburuk, jika kamu memulai bisnis mu dengan modal kecil, maka jika ‘bisnis’ mu gagal (yang gagal hanya bisnis, bukan KAMU), maka kerugian yang akan kamu derita cenderung lebih sedikit.
 
Sebaliknya, jika kamu memulai bisnis mu langsung dengan modal besar, jika kamu gagal, maka kerugian yang akan kamu derita juga akan sangat besar.  

Sudah kebanyang kan?
 
Wejangan terakhir yang juga ingin penulis sampaikan mengapa kamu wajib memulai bisnis mu di usia muda dengan modal kecil adalah segala – galanya (termasuk bisnis) membutuhkan proses dan mengalami pertumbuhan.
 
Jadi, jangan pernah berharap dan bermimpi kamu akan langsung berhasil di awal – awal usahamu. Dan untuk mengantisipasi hal tersebut, jangan pernah mulai usaha mu dengan modal yang terlampau besar! Mulai dengan yang kecil, jika berjalan dengan baik, kamu tinggal menambah modal mu secara bertahap.
 
Nah, itulah sedikit tulisan mengenai beberapa alasan mengapa kamu wajib memulai bisnis di usia muda yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Lantas, bagaimana? Apakah Anda sudah mulai tertarik untuk berbisnis selagi muda?

Pandu A P


Sumber gambar :
makemynewspaper.com
pixabay.com
flickr.com
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon