#

Minggu, 09 Oktober 2016

5 Keuntungan Berbisnis Produk yang Dibutuhkan Sehari-Hari

Meski pun terkesan sepele, bisnis produk kebutuhan sehari – hari seperti toko kelontong dan mini market serta konter pulsa ternyata memiliki banyak keuntungan / kelebihan loh. Ya, dibandingkan dengan beberapa sektor bisnis lain nya, bisnis ini memiliki beberapa keunggulan, seperti beberapa di antara nya adalah sebagai berikut :
 

Keuntungan Bisnis Produk Kebutuhan Sehari-Hari

1. Nggak Ada Matinya

Keuntungan pertama yang akan kamu dapatkan di bisnis produk kebutuhan sehari – hari adalah siklus bisnis yang sama sekali tidak ada titik jenuh nya.
 
Seperti yang telah kita ketahui bersama, selama manusia masih tinggal dan hidup di muka bumi ini, maka selama itu lah manusia akan membutuhkan berbagai macam benda, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan fisiologis (kebutuhan untuk bisa bertahan hidup).
 
Bisnis Kebutuhan Sehari Hari Tidak ada MatinyaDalam hal ini, selama manusia masih hidup di muka bumi, mereka masih akan tetap membutuhkan pasokan makanan, pasokan akan produk – produk sandang (pakaian), dan juga pasokan akan produk – produk papan (tempat tinggal).
 
Nah, maka dari itu, karena produk yang kita jual di bisnis ini (bisnis produk kebutuhan sehari – hari) sejati nya dipenuhi (mayoritas nya) merupakan produk kebutuhan dasar, dapat dipastikan bisnis ini sama sekali tidak akan ada mati nya.
Lantas, kalau bisnis ini memang bener – bener nggak ada mati nya, kenapa banyak pengusaha toko kelontong yang bangkrut?
Jawaban nya adalah karena mereka tidak mengelola dan mengatur bisnis toko kelontong mereka dengan baik.
 
Penting untuk diingat, sebagus apa pun peluang dan potensi sebuah bisnis, jika bisnis tersebut tidak dijalankan, dikelola, dan diatur dengan baik dan benar, maka tinggal menunggu waktu saja sampai bisnis tersebut hancur / kolaps bin bangkrut.
 
Maka dari itu, jika ada pengusaha toko kelontong yang bangkrut, sejati nya yang salah bukan bisnis nya, namun pengusaha nya yang mungkin belum mampu mengelola usaha nya dengan baik.
 

2. Modalnya Cukup Terjangkau

Untuk kamu yang sampai saat ini masih sering “ngeles” dan beralasan tidak berbisnis karena permasalahan modal, maka poin ini sangat penting untuk kamu baca!
 
Berbeda dengan bisnis – bisnis sector real yang lain nya dimana modal yang dibutuhkan normal nya cukup besar, di bisnis produk kebutuhan sehari – hari, modal yang kamu butuhkan dapat dibilang cukup kecil dan relatif sangat terjangkau. Contohnya bisnis pulsa elektrik yang bisa dimulai dengan modal Rp 50 ribu saja untuk beli saldo seperti di www.timipulsa.com.
 
Di awal mula usaha, hanya dengan bermodalkan uang kurang dari 10 juta rupiah pun, Anda sudah bisa memulai usaha ini. Namun, keuntungan nya pasti juga akan terbatas, alias sedikit.
 
Namun, hal ini (keuntungan yang sedikit) sebenarnya bukan masalah bukan? Jika dengan modal yang sedikit Anda sudah berhasil mendapatkan keuntungan yang berkelanjutan, maka untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar, tinggal menunggu waktu saja hingga Anda berhasil mendapatkan tambahan modal, entah itu dari hasil menabung / dana pribadi, dana investor, dana keluarga atau pun dana pinjaman ke lembaga keuangan.
 
Selama Anda dapat menjalankan usaha ini dengan baik, dapat dipastikan dengan modal yang lebih besar, keuntungan yang akan Anda dapatkan juga akan semakin membesar.
 

3. Ceruk Pasar Bisnis ini Sangat Besar

Keuntungan ke tiga yang juga akan Anda dapatkan ketika Anda menjalankan bisnis produk kebutuhan sehari – hari adalah ceruk pasar yang luar biasa besar dan luas.
 
Jika di poin pertama penulis menyebutkan bahwa bisnis ini tidak akan pernah ada mati nya dan akan senantiasa prospektif untuk dijalankan sepanjang hayat, maka di poin ini penulis akan menjabarkan tentang besarnya potensi pasar yang bisa diraup dalam bisnis ini.
 
Seperti yang telah penulis jabarkan di poin nomer satu, selama manusia masih hidup di muka bumi ini maka selama itu lah manusia akan membutuhkan berbagai macam produk yang terkait dengan kebutuhan fisiologis (kebutuhan – kebutuhan untuk bertahan hidup).
 
Nah, yang nama nya manusia di muka bumi ini sendiri dapat dibagi – bagi dan dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok usia, yaitu tua, muda, dan anak – anak.
 
Normal nya, di beberapa sector bisnis tertentu, ceruk dan target pasar yang bisa dituju hanyalah salah satu dari tiga kelompok usia di atas.
 
Contoh nya, jika Anda menjalankan bisnis toko peralatan sekolah, maka ceruk pasar yang bisa ditembus dan dituju pasti hanya lah orang – orang di usia muda yang notabene masih berada / duduk di bangku sekolah. Contoh lain nya, jika Anda berbisnis sebagai pedagang ikan hias, maka ceruk pasar yang bisa Anda tuju tentu nya hanya para pecinta ikan hias saja (yang normal nya ada di usia remaja – dewasa).
 
Hal tersebut di atas sangat jauh berbeda dengan ceruk pasar yang bisa dituju / ditargetkan di bisnis produk kebutuhan sehari-hari.
 
Dalam bisnis ini (bisnis produk kebutuhan sehari – hari), target dan ceruk pasar yang bisa dituju mencakup semua orang, tidak memandang usia, jenis kelamin, pekerjaan, atau bahkan status social (hanya dalam kondisi tertentu saja).
 
Jadi, jika Anda menjalankan bisnis ini, secara otomatis, potensi pasar (berupa konsumen) yang bisa Anda raup benar – benar sangat besar dan sama sekali tidak terbatas.
 
Cotohnya, di bisnis ini Anda dapat menyediakan sembako dengan target pasar orang tua, jajan – jajanan dengan target pasar anak – anak, rokok dengan target pasar orang dewasa, dll.
Sangat prospektif bukan??
 

4. Minim Perang Harga

Kadang Produk Kebutuhan Pokok Minim Perang HargaKeuntungan ke empat yang juga akan Anda dapatkan jika Anda menjalankan bisnis produk kebutuhan sehari – hari adalah minim nya persaingan tidak sehat, seperti salah satu nya adalah strategi perang harga.
 
Penting untuk diketahui, meskipun potensi dan ceruk pasar di bisnis ini benar – benar sangat besar, namun margin keuntungan yang bisa didapatkan di bisnis ini tergolong tidak begitu besar dan cenderung agak sedikit terbatas.
 
Disamping itu, normal nya biaya modal yang dikeluarkan oleh sesama pengusaha di bisnis ini juga tidak jauh berbeda antara satu dengan yang lain nya, sehingga tingkat persaingan nya tergolong sangat kompetitif dan sehat.
 
Ya, meskipun di satu sisi hal di atas merupakan sebuah kelemahan, namun di sisi lain nya hal di atas juga menjadi tameng terhadap kemungkinan terjadi nya persaingan bisnis yang tidak sehat termasuk salah satu nya adalah perang harga.
 

5. Tidak Perlu Keahlian Teknis Tertentu/Khusus

Keuntungan terakhir yang juga akan didapatkan dalam bisnis ini adalah bisnis ini bisa dijalankan oleh siapa saja dengan latar belakang dari bidang apa saja.
 
Ya, untuk menjalankan bisnis ini, Anda sama sekali tidak membutuhkan keahlian khusus tertentu sehingga dari latar belakang pendidikan apa pun Anda berasal, Anda tetap bisa menjalankan bisnis ini, dan selama Anda memiliki niat yang serius untuk menekuni bisnis ini, maka peluang Anda untuk sukses di bisnis ini juga sama / setara (meskipun berasal dari latar belakang pendidikan yang berbeda – beda).
 
Nah, itulah sedikit tulisan mengenai beberapa keuntungan berbisnis produk kebutuhan sehari – hari yang bisa kami bagikan kepada Anda. Jadi, setelah mengetahui beberapa poin keuntungan di atas, apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis produk kebutuhan sehari – hari?

Pandu A P

Sumber gambar :
pixabay.com (diedit)
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon