#

Minggu, 18 Desember 2016

7 Ide Usaha yang Mudah dan Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Meski pun sejati nya mencari nafkah adalah tugas kaum bapak, nyata nya tidak sedikit kaum ibu rumah tangga yang ingin ikut berjibaku mencari nafkah demi membantu perekonomian keluarga nya. Ibu rumah tangga yang seperti ini biasa nya merupakan ibu rumah tangga yang cerdas dan tidak ingin berpangku tangan menyerahkan nasib nya pada keadaan semata.

Ketika belum memiliki anak, upaya yang harus dilakukan untuk bisa membantu perekonomian keluarga mungkin tidak begitu sulit, karena toh kaum wanita dapat bekerja di perusahaan – perusahaan milik orang lain. Namun ketika hal ini dilakukan setelah memiliki anak, beberapa permasalahan baru pun timbul, jika si ibu bekerja, siapa nanti nya yang akan mengurusi anak?

Bisnis skala rumah tangga untuk ibu-ibu

Nah, sebenarnya ada loh cara mudah mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa dilakukan oleh kaum ibu tanpa harus meninggalkan kewajiban nya mengurusi anak, yaitu dengan membuka usaha sendiri di rumah. Saat ini ada banyak kok ide usaha yang mudah dan cocok untuk kaum ibu rumah tangga. Tidak percaya? Berikut beberapa contoh nya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:

1. Bisnis Konter Pulsa Rumahan

Ide usaha pertama yang terbilang mudah dan sangat cocok untuk dijalankan oleh kaum ibu rumah tangga adalah bisnis konter pulsa rumahan.

Untuk bisa menjalankan bisnis konter pulsa rumahan, modal yang dibutuhkan tergolong sangat sedikit. Disamping itu, ilmu atau pun pengetahuan yang dibutuhkan pun tidak begitu rumit, sehingga sangat cocok untuk kaum ibu yang tidak begitu suka dengan jenis bisnis yang terlampau rumit.

Usaha konter pulsa rumahanUntuk menghindari resiko, saat memulai usaha konter pulsa rumahan, kaum ibu dapat memulai nya terlebih dahulu dengan berjualan pulsa tanpa membuka konter. Jika nanti nya jumlah konsumen yang membeli pulsa cukup banyak, baru lah kemudian konter pulsa bisa dibuka, sehingga kemungkinan nya untuk sukses cenderung sudah lebih terjamin.

Dalam memulai usaha konter pulsa rumahan sendiri, kaum ibu dapat mendaftar ke salah satu distributor pulsa elektrik ternama asal Kota Bogor, yaitu Timi Pulsa. Di sini, nanti nya kaum ibu tidak perlu mengeluarkan banyak modal, baik itu untuk aktivitas pendaftaran menjadi agen (pendaftaran di Timi Pulsa bisa dilakukan tanpa biaya alias gratis), mau pun untuk aktivitas deposit (bisa dilakukan hanya dengan 50 ribu rupiah saja).

Tidak hanya agen pulsa Bogor yang mendaftar di Timi Pulsa, melainkan juga dari Aceh sampai Abepura, Jayapura. Jadi, skalanya sudah nasional dengan agen yang tersebar merata hampir setiap provinsi di Indonesia.

Di Timi Pulsa, kaum ibu nanti nya juga bisa memesan berbagai macam perlengkapan yang dibutuhkan untuk konter, seperti banner, lampu penanda jualan pulsa, rak tatakan sim card, pemotong sim card, aksesori handphone, gantungan aksesori, rak aksesori, dan berbagai macam keperluan konter pulsa lain nya.

Baca juga : Benarkah, Keuntungan Bisnis Pulsa sangat Menggiurkan ?

Bagaimana? Benar – benar sangat lengkap bukan? Maka dari itu, jika ibu hendak memulai bisnis pulsa, jangan ragu untuk memulai nya bersama dengan Timi Pulsa ya!

2. Buka Jasa Salon

Khusus untuk kaum ibu yang memiliki keahlian potong rambut, perawatan rambut, dan juga make up, untuk membantu perekonomian keluarga, kaum ibu juga bisa membuka jasa salon kecil – kecilan sendiri di rumah. Nanti nya, jika usaha salon ini sudah berkembang, kaum ibu bisa mulai menyeriusi nya dengan jalan membuka salon yang lebih besar lagi.

Di tahap permulaan, kaum ibu bisa menggunakan ruangan kosong yang ada di rumah untuk dijadikan sebagai ruangan salon, dengan begitu, nanti nya biaya yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tidak begitu besar.

Oh ia, agar aktivitas perawatan si kecil bisa tetap terjaga, sebisa mungkin jam operasional salon nya diatur dengan baik dan dijalankan dengan disiplin ya!

3. Usaha Catering

Usaha catering rumahanKhusus untuk kaum ibu yang memiliki bakat memasak dan kebetulan tinggal di daerah sekitaran kampus, kaum ibu juga bisa membuka usaha catering khusus untuk mahasiswa kampus.

Nah, dalam menjalani usaha yang satu ini, karena kebanyakan mahasiswa biasa nya sangat irit dan cenderung mencari yang murah, sebisa mungkin ibu juga harus menyediakan paket catering yang murah dan terjangkau oleh kantong mahasiswa. Dalam hal ini, ada satu prinsip yang bisa digunakan, yaitu: “Untung 100 transaksi 1000 jauh lebih baik dari pada untung 1000 transaksi 10”.

4. Usaha Bakery

Untuk kaum ibu yang sebenarnya memiliki bakat memasak namun tidak tinggal di sektiaran lokasi yang padat penduduk atau pun di sektiaran kampus, kaum ibu juga masih bisa membuka usaha di bidang kuliner yang lain selain usaha catering, yaitu usaha bakery.

Jadi nanti nya, kaum ibu bisa menerima pesanan dari tetangga atau pun para kenalan, lalu membuat kue nya sendiri di rumah setelah semua aktivitas / kewajiban di rumah selesai dikerjakan.

5. Usaha Toko Kelontong

Tinggal di daerah yang ramai namun tidak memiliki bakat memasak sehingga tidak bisa membuka bisnis catering? Tenang, masih ada peluang usaha yang lain nya, yaitu usaha toko kelontong.

Hampir sama seperti hal nya usaha catering, usaha toko kelontong juga sangat – sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Bahkan dapat dikatakan, selama manusia masih hidup di muka bumi ini, maka selama itu lah usaha toko kelontong ini tetap akan potensial untuk dijalankan. Mengapa? Karena produk yang dijajakan di toko kelontong merupakan produk kebutuhan sehari – hari yang mau tidak mau pasti akan dibeli oleh orang – orang di sekitar nya.

Lihat juga : Bisnis Parkiran Motor dekat Stasiun KRL Keuntungan Tembus 1 Juta per Hari! 

6. Jadi Agen Properti Online

Untuk kaum ibu yang tidak ingin capek menjalankan beberapa jenis usaha di atas, namun tetap ingin mendapatkan penghasilan tanpa harus meninggalkan si kecil sendiri di rumah, usaha yang satu ini benar – benar sangat cocok untuk ibu.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, saat ini hampir semua produk sudah bisa dipasarkan secara online di internet. Nah, dari sekian banyak produk yang bisa dipasarkan di internet, salah satu nya yang memiliki komisi penjualan paling besar adalah barang properti. Maka dari itu, jika ibu ingin mendapatkan penghasilan yang besar dari internet, tidak ada salah nya bagi kaum ibu untuk menjalankan usaha yang satu ini.

7. Bisnis Online

Bisnis Online rumahanSelain usaha agen properti online, sebenarnya masih ada banyak sekali peluang usaha online lain nya yang juga bisa dilakukan oleh kaum ibu tanpa harus meninggalkan si kecil di rumah, seperti beberapa di antara nya adalah: jadi blogger, jadi youtuber, jadi buzzer di media sosial, jadi content writer, jadi developer aplikasi android, dll.

Sekedar penyemangat, saat ini sudah banyak loh kaum emak yang berhasil sukses dari bisnis online. Salah satu panutan emak – emak sukses dari bisnis online yang bisa dicontoh adalah Mbak Indri Lidiawati, yaitu seorang blogger pemilik blog Juragancipir.com.

Itulah 7 ide usaha yang mudah dan cocok untuk dijalankan oleh ibu rumah tangga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Pandu A.P
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon