#

Senin, 12 Desember 2016

Mengenal Lebih Dekat Jack Ma, Pendiri Alibaba yang Super Kaya

Bagi Anda para penggiat dunia bisnis, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan sosok pengusaha yang satu ini, yaitu Jack Ma, pria Cina kaya raya pemilik ecommerce raksasa Alibaba. Nah, di kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dekat sosok Jack Ma dari sudut pandang kehidupan pribadi nya secara langsung.

Jack Ma Orang Terkaya di China

Seperti apakah perjuangan yang harus dilakukan Jack Ma dalam mendirikan Alibaba, seperti apakah kisah hidup Jack Ma sebelum sukses seperti sekarang ini, berapakah kekayaan Jack Ma Sekarang? Berikut rangkaian informasi lengkap nya telah kami siapkan untuk Anda:

Kisah Hidup Jack Ma

Jauh sebelum kekayaan jack ma bisa seperti sekarang ini, Jack Ma sebelum nya hanya seorang rakyat jelata biasa yang juga harus menata segala sesuatu nya dari nol. Bahkan, dibandingkan dengan kebanyakan orang yang lain nya, Jack Ma tergolong agak sedikit tidak beruntung. Mengapa? Berikut informasi ringkas tentang kisah hidup Jack Ma telah kami siapkan untuk Anda:

Jack Ma ketika masih kecil dari keluarga sederhanaJack Ma merupakan anak dari pasangan seniman miskin yang hidup di daerah Hangzhou, Zhenjiang, China. Orang tua Jack Ma merupakan seorang seniman dongeng dan pemusik dengan penghasilan yang sangat rendah, yaitu hanya sekitar 500.000 rupiah saja per bulan nya.



Meski pun terlahir dari keluarga Miskin, Jack Ma memiliki semangat belajar yang tinggi, terutama untuk bahasa Inggris. Konon, hanya untuk bisa belajar bahasa Inggris dari para turis asing, di usia 12 tahun, setiap hari Jack Ma rela menggowes sepeda nya selama 40 menit untuk menuju ke distrik West Lake Hangzhou. Pada waktu itu, Jack Ma kecil menawarkan diri nya untuk menjadi pemandu turis tanpa meminta bayaran.

Meski pun tertarik dengan pelajaran, sejak kecil Jack Ma tidak pernah bisa menguasai pelajaran Matematika dengan baik. Bahkan, karena kemampuan matematika nya yang sangat buruk, Jack Ma pernah gagal dua kali di test masuk ke perguruan tinggi di China. Upaya nya untuk bisa masuk ke perguruan tinggi di China baru berhasil setelah ia mencoba ikut test yang ke tiga.

Selepas lulus dari Hangzhou Teachers Institute di Tahun 1988, Jack Ma langsung berupaya untuk mencari pekerjaan. Pada waktu itu, ia sama sekali tidak pilih – pilih pekerjaan. Dimana ada lowongan pekerjaan, ia akan mencoba nya, termasuk salah satu nya adalah di posisi manager di Kentucky Fried Chicken.

Konon, karena tak kunjung diterima bekerja di perusahaan – perusahaan idaman nya, Jack Ma akhir nya bekerja menjadi seorang guru bahasa Inggris di salah satu universitas lokal di daerah tempat tinggal nya. Pada waktu itu bayaran yang diterima oleh Jack Ma tergolong sangat kecil, yaitu hanya 12 – 15 USD per bulan.

Setelah beberapa tahun menjalani kehidupan sebagai seorang guru bahasa Inggris, Ma memutuskan untuk berangkat ke Amerika Serikat, tepat nya ke daerah Seattle untuk bekerja menjadi seorang penerjemah.

Di awal kunjungan nya ke Amerika Serikat, salah seorang teman Ma mengenal kan Ma dengan internet. Sayang nya, pada waktu itu Ma tidak berhasil menemukan apa pun yang dicari nya tentang China.

Berawal dari hal tersebut, sekembali nya dari Amerika Serikat, Ma meluncurkan suatu layanan direktori bisnis online yang diberi nama China Pages. Sayang nya, meski pun pada waktu itu persaingan di dunia internet belum seketat saat ini, Direktori Bisnis China Pages milik Ma sama sekali tidak bergeming.

Namun seorang Jack Ma sama sekali tidak pernah menyerah. Gagal di Direktori Bisnis China Pages, Ma mencoba untuk beralih haluan ke dunia e-commerce bernama Alibaba, yang pada waktu itu sama sekali belum dikenal oleh masyarakat, terlebih di negara China.

Sejarah Alibaba 

Alibaba pertama kali didirikan oleh Jack Ma pada Tahun 1999, tepat nya selepas Ma gagal mendirikan Direktori Bisnis China Pages. Di awal pendirian nya, Ma mencoba untuk mengumpulkan sekitar 18 orang di apartemen milik nya yang ada di Hangzhou untuk mempresentasikan visi besar nya mendirikan sebuah perusahaan e-commerce bernama Alibaba.

Pada waktu itu, Ma bersama dengan teman – teman nya yang ada di apartemen tersebut berhasil mengumpulkan dana sekitar 60.000 USD untuk mulai mendirikan Alibaba. Konon, ada sedikit cerita unik dibalik pemilihan nama Alibaba di e-commerce ini. 

Nama Alibaba sengaja dipilih oleh Jack Ma karena menurut nya nama ini sangat mudah untuk dieja oleh setiap orang di seluruh penjuru dunia, sehingga sangat cocok untuk visi nya yang pada waktu itu ingin mendirikan sebuah perusahaan berskala global dari nol. Disamping itu, pada waktu itu, Ma juga yakin bahwa setiap orang di seluruh penjuru dunia mengetahui bahwa kata “Alibaba” merupakan sebuah perintah “Open Sesame” untuk membuka pintu harta karun.

Dalam hitungan beberapa tahun setelah Alibaba didirikan, jumlah pengguna internet di China terus mengalami peningkatan, dan Alibaba pun berhasil menjadi pionir dalam bisnis e-commerce di sana. Tak heran jika pada akhir nya Ma yang notabene merupakan pendiri sekaligus pemilik mayoritas Alibaba berhasil menjadi salah seorang miliarder karena perusahaan nya ini.

Dalam kepemimpinan nya, Ma sangat terkenal sebagai salah seorang bos yang memiliki ciri khas dan karakteristik yang unik, terlebih dalam gaya berpakaian nya. Konon, berkat gaya kepemimpinan nya yang unik ini, Ma berhasil membawa Alibaba menjadi salah satu perusahaan e-commerce terbesar di seluruh penjuru dunia saat ini.

mantan Presiden Clinton berbincang-bincang dengan Jack Ma

Karena kesabaran nya dalam meniti satu per satu kegagalan, kini Ma berhasil menemukan apa yang disebut dengan “keberhasilan dan keberuntungan karena kerja keras”. Saat ini, menurut informasi yang kami ambil dari portal berita Liputan6.com, diprediksi nilai kekayaan bersih Jack Ma telah mencapai lebih dari 30 milyar USD, angka yang cukup banyak tentu nya untuk ukuran manusia yang tinggi nya tidak lebih dari 165 cm.

Konon, menurut informasi yang kami sadur dari portal berita Liputan6.com, Alibaba juga telah berhasil menjadi salah satu aksi penawaran saham perdana terbesar dalam sejarah perusahaan teknologi yang ada di seluruh penjuru dunia.

Baca juga : Meski Lulusan SD, Susi Pudjiastuti Bisa Jadi Menteri. Ini Kisahnya!

Saham Alibaba yang sebelum nya mulai ditawarkan di angka 68 USD langsung melonjak sekitar 38 persen menjadi 92,7 USD per lembar saham di New York Stock Exchange. Saat ini perusahaan Alibaba yang pendirian nya dilakukan pada Tahun 1999 ini telah bernilai lebih dari 250 milyar USD, yang menempatkan nya menjadi perusahaan teknologi dengan nilai tertinggi ke empat di seluruh penjuru dunia setelah Apple, Google, dan juga Microsoft.

Nah, itulah sedikit tulisan mengenai biografi singkat Jack Ma yang bisa kita gunakan untuk mengenal lebih dekat sosok Jack Ma yang telah berhasil menjadi pendiri Alibaba yang super kaya. Semoga bermanfaat ya!

Pandu A.P

Sumber gambar :
Inc42.com
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon