#

Sabtu, 21 Januari 2017

Bongkar Cara Sukses di Usia Muda Tanpa Modal!

Di tulisan kali ini, tim penulis Ekspedisi Ilmu akan membagikan sedikit informasi tentang cara sukses di usia muda tanpa modal. Langsung saja, berikut tulisan lengkap nya telah kami siapkan secara khusus untuk para pembaca setia blog Ekspedisi Ilmu:

Untuk mengawali tulisan kita kali ini, ada dua hal yang wajib kalian pahami. Yang pertama, sukses itu sebenarnya nggak melulu soal modal, dan yang ke dua sukses itu nggak wajib tua. Jika serius dan niat, tanpa modal sama sekali pun kamu bisa sukses kok, dan jika kamu gigih, di usia yang masih belia sekali pun kamu sebenarnya juga bisa sukses kok! Asalkan kamu tahu cara nya dan kamu mau melewati seluruh proses perjalanan nya!

Pertanyaan nya, cara sukses di usia tanpa modal itu seperti apa sih? Ini nih yang sering kali nggak kita pahami. Padahal, cara sukses itu sebenarnya mudah alias gampang. Cuman kita nya aja yang kadang – kadang membuat nya tampak rumit.

 

 Pahami Dulu Apa Itu Sukses!

Nggak bisa dipungkiri, setiap orang yang ada di seluruh penjuru dunia ini pasti ingin menjadi orang yang sukses. Mungkin Cuma orang yang nggak waras yang mengharapkan kegagalan terjadi dalam hidup nya. 

Kembali lagi, hal ini memang nggak bisa dipungkiri, dan ini memang normal, mengingat kita ini hanya lah manusia.

Sayang nya, meski pun semua orang ingin bisa sukses, nyata nya Cuma sebagian kecil nya saja yang benar – benar paham apa itu hakikat kesuksesan yang sebenarnya. Selebihnya biasanya Cuma sekedar tahu saja, namun tidak mau dan juga tidak mampu memahami nya sama sekali.

Lantas apa sih yang nama nya sukses itu? Sederhana nya, sukses itu bisa diartikan sebagai sebuah titik keberhasilan dimana seseorang telah berhasil mencapai tujuan nya. Jadi, ketika seseorang telah berhasil mencapai apa yang dituju nya, maka bisa dikatakan orang tersebut adalah orang yang sukses!

 

Tetapkan Tujuan!

Karena definisi sukses adalah titik keberhasilan dalam menggapai tujuan, maka untuk bisa sukses, kamu kudu menentukan tujuan terlebih dahulu. Nah, normal nya titik kritis kesuksesan mayoritas orang di seluruh penjuru dunia terletak di poin ini.
Tetapkan Target untuk Sukses

Biasa nya kebanyakan orang akan menetapkan tujuan yang setinggi – tinggi nya tanpa mengukur kemampuan nya sama sekali. Dampak nya ia pun akhir nya merasa putus asa, karena sebelum dikejar pun, ia sudah merasa terbebani dengan tujuan nya tersebut. Kalo bahasa kasar nya mah, terlampau muluk – muluk lah!

Maka dari itu, dalam menetapkan tujuan, kamu harus bisa mengukur kemampuan diri mu sendiri terlebih dahulu. Setelah kemampuan diri terukur, kamu bisa langsung menetapkan tujuan, dan mulai memperjuangkan nya satu per satu.

Oh ia, agar tidak membebani, tujuan yang kamu tetapkan sebaik nya dipecah – pecah alias disederhanakan dan dibagi – bagi berdasarkan satuan waktu tertentu. Selai itu, supaya tidak terlena, tetapkan juga batas waktu nya! Contoh nya: tujuan utama kamu saat ini adalah membuka toko kelontong dengan target waktu 3 bulan. Nah, dari tujuan utama ini kamu bisa melakukan break down dengan output berupa tujuan – tujuan yang lebih simpel, seperti di minggu pertama kamu akan mencari lokasi, di minggu ke dua kamu akan menentukan barang apa saja yang akan kamu jual di toko kelontong kamu tersebut, di minggu ke tiga kamu akan mencari pemasok, dan seterusnya.

Baca juga : Jika Tidak Ingin Bangkrut, Hindari 5 Hal Ini!

Dengan begitu nanti nya, tujuan kamu akan terasa mudah untuk dicapai, dan peluang kamu untuk bisa sukses menggapai tujuan utama pun bisa menjadi lebih besar.

 

Rencanakan Apa yang Akan Dilakukan dan Lakukan Apa yang Telah Direncanakan!

Setelah menetapkan tujuan, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah merencanakan setiap aspek yang terkait dengan tujuan kamu tersebut. Dalam hal ini kamu harus tahu pasti apa saja yang perlu kamu lakukan untuk bisa menggapai tujuan yang telah kamu tetapkan.

Kembali lagi, saat hendak membuat rencana, selalu ukur kemampuan terlebih dahulu! Ini penting, supaya nanti nya setiap hal yang ada dalam rencana Anda benar – benar bisa terlaksana dengan baik.

Terakhir, setelah rencana telah disusun dengan matang, kamu masih harus berjuang untuk mengerjakan segala sesuatu nya sesuai dengan rencana yang telah kamu tetapkan sebelum nya. Dalam poin ini, kamu harus benar – benar memahami bahwa membuat rencana itu memang penting, tapi mengerjakan apa yang telah direncanakan itu jauh lebih penting.

 

Untuk bisa Sukses anda harus ACTION! Mulai Sekarang Juga!

Kata – kata “nanti” itu terkadang dan sering kali akan berakhir dengan frasa kata “tidak pernah” atau pun “tidak jadi”. Nah, maka dari itu, jika kamu punya tujuan, punya ide, dan punya gagasan yang kamu anggap penting untuk hidup kamu dan orang – orang di sekitar mu, segera realisasikan ide dan gagasan tersebut sekarang juga!

Pilihan opsi nya Cuma dua, yaitu mulai sekarang, atau tidak sama sekali!

 

Fokus, Disiplin dan Tekun!

Percaya atau tidak, sampai detik kamu membaca tulisan ini, tidak ada satu pun orang terkenal di dunia ini yang berhasil menguasai beberapa bidang sekaligus. Valentino Rossi merupakan atlet Moto GP profesional, Lionel Messi merupakan atlet Sepak Bola profesional, Albert Enstein merupakan ahli fisika, Bill Gates merupakan ahli komputer.

Nah, apa kesamaan dari orang – orang tersebut? Kesamaan yang mereka miliki adalah mereka fokus, disiplin dan tekun bergelut di bidang nya masing – masing. Mereka tidak satu minggu bergelut di bidang A, lalu minggu depan pindah ke bidang B, dan bulan depan pindah ke bidang C, melainkan mereka tetap berada di koridor bidang keahlian yang ingin mereka kuasai tanpa berpindah – pindah layak nya amatiran.

 

Perbanyak Relasi!

Khusus untuk poin yang satu ini sangat penting untuk kamu yang ingin sukses di bidang bisnis. Relasi, meski pun terkesan simpel, namun relasi benar – benar sangat menentukan kadar kesuksesan seseorang.

Semakin banyak relasi positif (yang terkait dengan bidang yang sedang ditekuni) yang dimiliki oleh seseorang, maka semakin besar pula potensi yang ia miliki untuk bisa sukses menggapai tujuan nya.

Bukti nyata nya adalah Bill Gates dan Mark Zurckerberg, di awal karir nya, dua orang multi miliarder asal Amerika Serikat ini memulai segala sesuatu nya dengan memanfaatkan relasi. Dan benar saja, berkat relasi yang mereka miliki, dan ijin Tuhan tentu nya, mereka kahir nya sukses menggapai semua tujuan yang mereka miliki.

Artikel menarik : Kenapa Pebisnis Muda memilih Jomblo ?

 

Selalu Bersyukur dan Jangan Pernah Berhenti Menetapkan Tujuan!

Ingat! Hidup itu ada yang mengatur. Ada Tuhan yang mengatur segala sesuatu nya! Nah, maka dari itu, seperti apa pun hasil dari perjuangan yang kamu dapatkan, kamu harus bersyukur, karena itu lah yang diberikan Tuhan kepada mu.

Dengan begitu, nanti nya jika kamu sukses kamu tidak akan sombong, dan bila kamu belum sukses, kamu tidak akan merasa rendah diri atau pun putus asa.

Satu hal lagi, yang nama nya hidup itu tidak boleh berhenti. Hidup harus selalu bergerak. Selepas kamu berhasil menggapai satu tujuan, kamu harus segera menetapkan tujuan – tujuan baru yang lebih besar, sehingga nanti nya kamu berhasil menemukan kesuksesan hidup yang sesungguhnya!

Nah, itulah rangkaian cara sukses di usia muda tanpa modal yang bisa kami bagikan di tulisan ini. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Pandu A.P

Sumber gambar :
pixabay.com
|| Ingin tahu pemilik Situs ini ? Follow Instagram : @aganfajar

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon