#

Jumat, 06 Januari 2017

Cara Melindungi Website Bisnis Anda dari Serangan Hacker

Di era teknologi canggih seperti sekarang ini, segala sesuatu yang ada di dunia bisnis memang terasa jauh lebih mudah dan murah untuk dilakukan. Aktivitas pembayaran antar negara yang sebelum nya harus dilakukan dengan uang fisik saat ini sudah bisa dilakukan dengan menggunakan media pembayaran elektronik. Perusahaan yang sebelum nya harus mengeluarkan banyak biaya untuk membuat lembaran profile perusahaan, saat ini sudah bisa berhemat dengan menggunakan website.

Sayang nya, di balik semua kemudaan yang kita rasakan saat ini ada mara bahaya yang selalu siap mengintai. Tingkat bahaya yang mengintai ini juga tergolong tidak main – main, dan bila dibiarkan begitu saja dapat berakibat fatal terhadap kelangsungan bisnis yang sedang dijalankan.

Tips Melindungi Website dari serangan Hacker

Nah, berbicara mengenai perkembangan teknologi dan marabahaya yang selalu mengintai, di tulisan kali ini kami akan membagikan sedikit informasi tentang cara melindungi website bisnis dari serangan hacker. Langsung saja, berikut informasi lengkap nya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:

 

Pentingnya Website Bisnis

Di era teknologi internet seperti sekarang ini, pebisnis dapat memanfaatkan website sebagai salah satu media untuk menjalankan dan atau mengembangkan bisnis. Dengan ada nya website, nanti nya bisnis akan lebih mudah dikenal oleh para klien, bukan hanya di daerah operasional nya, namun juga di seluruh penjuru dunia.

Tidak hanya itu, dengan ada nya website bisnis, nanti nya seorang pebisnis atau pun sebuah korporasi bisnis akan lebih dimudahkan dalam: menyebarkan informasi kepada klien dan karyawan, menjaring tenaga kerja, menyampaikan visi misi perusahaan, menyebarkan promo, dan lain sebagai nya.

Sayang nya, selain dapat memberikan banyak keuntungan, bila website bisnis tidak dikelola dengan baik, website bisnis juga bisa menjadi bumerang yang berpotensi merusak nama baik bisnis tersebut. Ketika website berhasil dihack oleh hacker, berbagai informasi penting yang ada di website bisa dicuri atau bahkan disebarluaskan oleh si hacker. Tidak hanya itu, website milik perusahaan juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam tindak kejahatan seperti penipuan, menyebarkan informasi hoax, dan lain sebagai nya. Jika sudah begini, dapat dipastikan yang akan menanggung malu dan akibat nya adalah perusahaan pemilik website tersebut.

Itu lah mengapa yang nama nya melindungi website bisnis dari serangan hacker itu benar – benar sangat penting dan tidak boleh disepelekan. Lantas, bagaimana sih cara terbaik yang bisa dilakukan untuk melindungi website bisnis dari serangan hacker? Berikut rangkuman singkat nya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:

 

Cara Melindungi Website Bisnis dari Serangan Hacker


1. Update! Update! Update!

Update yang diluncurkan oleh para pengembang website dan tool – tool website biasa nya sengaja dilakukan untuk memperbaiki berbagai macam bug dan juga kelemahan sistem yang ada di alam tool website tersebut.

Dengan ada nya update atau pun pembaharuan, dapat dipastikan tool website tersebut akan jauh lebih aman dan juga jauh lebih sulit untuk ditembus oleh hacker.

Maka dari itu, agar website bisnis Anda selalu aman dari serangan hacker, Anda harus selalu mengupdate setiap aspek yang berkaitan dengan website bisnis Anda tersebut secara konsisten dan kontinyu.

 

2. Tambahkan Kontrol Akses Website

Semakin banyak kontrol akses yang digunakan pada sebuah website, maka semakin sulit pula website tersebut untuk dibobol. Maka dari itu, sebisa mungkin gunakan lah sebanyak mungkin kontrol akses yang tersedia pada platform website Anda. Bila perlu, lakukan juga pembatasan kesalahan login pada website ke angka yang paling kecil, sehingga bila website hendak diretas oleh hacker, Anda bisa langsung mengetahui nya dengan dini.

 

3. Gunakan Nama Admin dan Password yang Super Unik

Password yang sulit ditebakKunci keamanan paling krusial dalam sebuah website biasa nya terletak di nama admin dan password. Dalam hal ini, untuk bisa meretas sebuah website, setiap hacker pasti akan membutuhkan nama admin dan juga password admin tersebut. Maka dari itu, agar nama dan password admin website bisnis Anda tidak mudah di tebak, sebisa mungkin gunakan lah nama dan password admin yang super unik yang sulit untuk ditebak oleh hacker.

Sebisa mungkin hindari lah menggunakan nama asli atau tanggal lahir untuk password. Hal ini dikarenakan nama asli dan tanggal lahir merupakan salah satu kombinasi password yang paling mudah untuk ditebak.

 

4. Gunakan Firewall

Agar website Anda bisa terbebas dari serangan malware dan juga spyware yang dapat mencuri data – data penting di website Anda, sebisa mungkin perkuat lah proteksi website Anda dengan menggunakan firewall.

Normal nya, firewall akan menyediakan tameng dan juga perlindungan yang lebih baik untuk website, sehingga jauh lebih sulit untuk ditembus oleh malware, spyware, dan juga bot – bot berbahaya.

 

5. Sembunyikan Halaman Admin

Untuk bisa memutus rantai kemungkinan hacker membobol website bisnis Anda, Anda kami sarankan untuk turut menyembunyikan halaman admin website bisnis Anda. Untuk menyembunyikan nya sendiri, Anda bisa menggunakan file robot_txt khusus, sehingga nanti nya halaman admin website bisnis Anda tidak terindeks search engine.

Satu hal lain yang juga tidak kalah penting untuk dilakukan adalah selalu menggunakan alamat login yang sulit untuk ditebak. Jangan pernah sekali – kali menggunakan alamat halaman login domainbisnisanda.com/admin. Hal ini terlalu mudah ditebak, sehingga sangat rawan serangan hacker.
Baca juga : Alasan Mengapa Anda harus Belajar Internet Marketing Sekarang Juga !

6. Gunakan SSL

SSL memiliki kegunaan untuk memindahkan informasi pengguna dari media database ke website, sehingga nanti nya segala informasi yang ada dalam media database tidak akan bisa terbaca oleh hacker atau pun orang – orang yang tidak bertanggung jawab.

Sekedar informasi, saat ini protokol SSL ini merupakan salah satu fitur protokol keamanan yang paling banyak dan paling digunakan oleh website – website milik perusahaan besar.

 

7. Sembunyikan Password

Sebagai langkah pertahanan terakhir untuk melindungi website bisnis Anda dari serangan hacker, Anda juga bisa menggunakan berbagai macam aplikasi penyembunyi password untuk menyimpan data username dan juga password login di website bisnis Anda. Bila perlu, Anda juga bisa melakukan enkripsi untuk setiap data login yang ada di website Anda, sehingga kemungkinan hacker untuk bisa membobol nya benar – benar sangat kecil.

Saat ini aplikasi yang bisa digunakan untuk menyembunyikan password sudah tergolong cukup banyak kok. Tidak hanya itu, semua aplikasi tersebut juga tergolong cukup murah, sehingga tidak akan membebani biaya anggaran website Anda.

 

8. Lakukan Backup Secara Rutin

Sebagai langkah Antisipasi bila sewaktu – waktu website Anda berhasil dibobol oleh hacker, sebisa mungkin lakukan lah backup secara rutin dan teratur setiap beberapa waktu sekali. Dengan begitu, nanti nya Anda tidak akan kesulitan untuk mengembalikan fungsi website Anda jika sewaktu – waktu database di website Anda dirusak atau pun dicuri oleh hacker.

Nah itulah beberapa cara melindungi website bisnis dari serangan hacker yang bisa Anda coba untuk terapkan. Semoga bisa membantu ya!

Pandu A.P

Artikel menarik :  12 Tips SEO Toko Online dari Shopify, Woocomerce dan Wix.com

sumber gambar :
  • imageabay.com
  • commons.wikimedia.org
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon