#

Senin, 13 Maret 2017

Manfaat Copywriting yang Mengubah Keraguan Calon Pembeli

Di dunia internet marketing, setiap bentuk bisnis yang berlangsung normal nya hanya berlandaskan kepercayaan saja. Dalam dunia bisnis ini, penjual sama sekali tidak bertemu pembeli, sehingga setiap keputusan yang diambil pun normal nya akan sangat bergantung pada penawaran – penawaran yang ditunjukkan di halaman penjualan yang dimiliki atau kalo boleh meminjam bahasa internet marketing nama nya halaman landing page lah.

Normal nya, titik kunci keberhasilan seorang penjual biasa nya ada di landing page ini. Itu lah mengapa, dalam training – training ilmu internet marketing banyak trainer – trainer yang merekomendasikan para murid nya untuk menguasai teknik membuat landing page yang bagus, seperti salah satu nya yang paling populer adalah dengan menggunakan teknik copywriting.

Nah, berbicara mengenai copywriting, di kesempatan kali ini tim penulis Ekspedisi Ilmu akan membagikan sedikit informasi yang terkait teknik copywriting. Langsung saja, berikut rangkuman informasi singkat nya telah kami siapkan untuk Anda:

Apa Itu Copywriting?

Secara singkat, copywriting adalah teknik penulisan yang tujuan utama pembuatan nya adalah untuk mempengaruhi minat para pembaca. Normal nya teknik ini digunakan untuk aktivitas – aktivitas penjualan barang dan jasa di internet atau pun di sales – sales letter / brosur penjualan.

Fungsi atau manfaat Copywriting

Titik berat aktivitas copywriting biasa nya terletak pada upaya mempengaruhi para pembaca untuk segera mengambil tindakan yang diinginkan oleh si pembuat tulisan, baik itu membeli produk, menghubungi nomer tertentu, mendownload file tertentu, mendaftar menjadi anggota atau pun member, membuat akun, dan lain sebagai nya.

Konon, karena tingkat keberhasilan orang yang menggunakan teknik copywriting tergolong sangat besar, banyak pelaku bisnis di dunia internet marketing yang menjuluki copywriting sebagai ilmu sihir nya internet marketing.

Eits, tapi tenang aja, teknik asli nya nggak pake jompa jampi kok, apa lagi bunga tujuh rupa dan kemenyan. hehehe

Manfaat Copywriting Secara Luas

Nggak bisa dipungkiri, ujung tombak aktivitas copywriting normal nya adalah untuk bisa menghasilkan keuntungan untuk si pembuat nya. Jenis keuntungan nya sendiri bisa sangat beragam, tergantung si copywriter nya mau ngapain dulu.

Jadi, kalo si copywriter mau buat tulisan untuk halaman penjualan produk, ya manfaat copywriting nya untuk meningkatkan penjualan akan produk tersebut. Atau kalau si copywriter hendak membuat tulisan untuk mempromosikan halaman forum tertentu (untuk menarik member baru), ya manfaat copywriting nya adalah untuk menarik jumlah anggota forum sebanyak mungkin.

Nah, kalo bahasa ilmiah nya sih, teknik copywriting nanti nya diharapkan bisa menghasilkan konversi, yaitu ketika pembaca yang dijadikan sebagai target membuat tindakan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh si copywriter. 

Jadi kalo yang diinginkan oleh si copywriter adalah si pembaca membeli produk milik nya, maka konversi nya adalah aktivitas pembelian (yang sering disebut dengan istilah closing penjualan). Atau kalo yang diinginkan oleh si copywriter adalah si pembaca mendaftar ke dalam forum tertentu, maka konversi nya adalah aktivitas pendaftaran menuju ke forum tersebut.

Kesimpulan nya, teknik copywriting ini dipakai untuk meningkatkan angka konversi. Jadi jika tanpa copywriting angka konversi suatu halaman website tergolong kecil, setelah teknik copywriting digunakan, diharapkan angka konversi nya akan meningkat secara drastis.
Itu lah mengapa copywriting itu penting!

Manfaat Copywriting Secara Khusus

Copywriting itu tergolong cukup sulit. Namun begitu, jika berhasil menguasai nya, maka dunia penjualan online akan berada di genggaman tangan. Kenapa? Karena dengan teknik copywriting, seorang pelaku bisnis akan bisa mempengaruhi calon pembeli dengan lebih terstruktur sehingga pada akhir nya jumlah penjualan yang berhasil didapatkan nya pun menjadi lebih tinggi.

Secara khusus, aktivitas atau pun teknik copywriting memiliki manfaat spesifik sebagai berikut:

1. Mengenalkan Produk Dengan Cara yang Lebih Menarik

Dengan menggunakan teknik copywriting, nanti nya seorang internet marketer akan bisa mengenalkan produk dengan cara yang lebih menarik dan juga lebih sesuai dengan apa yang diinginkan oleh calon konsumen nya.

Dampak nya, produk yang hendak dijual pun akan lebih disukai oleh konsumen dan potensi untuk bisa closing menjadi lebih besar.

2. Meyakinkan Konsumen Bahwa Ia Sedang Membutuhkan Produk / Jasa Tertentu

Dengan ilmu sihir copywriting, seorang internet marketer nanti nya juga akan bisa menyadarkan dan meyakinkan calon konsumen bahwa calon konsumen tersebut benar – benar sedang membutuhkan produk / jasa yang ia jual.

Ketika calon konsumen sudah merasa membutuhkan produk / jasa tersebut, potensi untuk bisa closing penjualan pun juga akan menjadi semakin besar.

3. Menghilangkan Keraguan Calon Konsumen Terhadap Produk / Jasa Tertentu

Terakhir, dengan teknik copywriting, seorang penjual produk di internet nanti nya juga akan bisa menghilangkan dan menghalau berbagai macam keraguan yang dirasakan oleh calon konsumen terhadap produk yang dijual nya.

Dampak nya, kembali lagi, setelah calon konsumen tidak merasa ragu, potensi untuk terjadi nya closing penjualan pun kembali meningkat.

Jadi, jika disimpulkan dari tiga poin di atas, manfaat copywriting adalah untuk memperbesar kemungkinan closing penjualan. Atau bila tujuan nya bukan untuk penjualan, manfaat nya adalah untuk memperbesar kemungkinan pembaca untuk melakukan apa yang diinginkan oleh si copywriter.


Cara Belajar Teknik Copywriting

Seperti yang telah penulis sebutkan di atas, copywriting itu ilmu yang sangat rumit dan sangat sulit untuk dipelajari. Tapi jika kamu niat, ilmu ini bisa kamu pelajari kok. Di dunia ini nggak ada yang nggak mungkin bukan???

Nah, khusus untuk di tulisan ini, penulis hanya akan memberikan beberapa poin ringkas nya saja, yaitu:

1. Fokuskan Tulisan Pada Konsumen

Nggak bisa dipungkiri, manusia itu adalah makhluk yang dipenuhi oleh ego. Nah, maka dari itu, supaya kamu bisa mempengaruhi manusia untuk melakukan apa yang kamu inginkan, kamu harus bisa memenuhi ego yang dimiliki oleh manusia.

Dalam teknik copywriting, kamu harus bisa memfokuskan tulisan kamu pada konsumen, bukan pada produk / jasa yang kamu jual.

2. Buat Tulisan yang Menyadarkan

Supaya minat konsumen akan produk yang kamu jual bisa lebih tinggi, buat lah tulisan yang menyadarkan bahwa mereka sedang membutuhkan apa yang kamu jual saat ini. Dalam hal ini kamu bisa menunjukkan semua permasalahan yang mereka miliki se gamblang mungkin.

3. Buat Tulisan yang Seakan – akan Memberikan Solusi

Terakhir, setelah mereka sadar akan masalah yang mereka punya, kamu bisa menawarkan produk kamu sebagai solusi akan semua permasalahan mereka tersebut. Nah, di titik ini kamu bisa menghadirkan beberapa data statistik yang membuktikan bahwa produk / jasa yang kamu miliki telah berhasil membantu orang lain yang memiliki permasalahan yang sama dengan calon konsumen mu tersebut.

Dan jangan lupa, selalu fokuskan tulisan mu pada ego calon konsumen, bukan pada ego milik mu sendiri.

Nah, itu lah sedikit informasi tentang apa itu copywriting, manfaat copywriting di dunia internet marketing dan cara belajar teknik copywriting yang bisa kami sampaikan melalui tulisan ini. Selamat belajar dan semoga sukses ya!

Lihat juga : Ada 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Jualan di Instagram. Sudah tahu ?

Sumber gambar :
pexels.com
|| Ingin tahu pemilik Situs ini ? Follow Instagram : @aganfajar

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon